040410

Hari minggu, 4 April 2010
Bisa dibilang merupakan hari yang spesial untukku, hari ini usiaku genap 20 tahun, mungkin terasa seperti hari Minggu pada umumnya, berkegiatan kebaktian di gereja, istirahat, makan siang, berkumpul dengan teman lainnya, dsb
Tapi tetap terasa bahwa umurku telah bertambah satu, menjadi berkepala dua, tidak lagi kepala satu. Seolah menyiratkan bahwa aku harus menjadi lebih dewasa, dewasa dalam pikiran, dewasa dalam rohani dan dewasa dalam bertindak, menyikapi setiap hal tidak hanya dari satu sisi.
Di satu sisi lainnya, juga merasa bahagia, masih ada orang-orang di sekitarku yang mengingat dan mengucapkan padaku. Yang paling berkesan mungkin ketika ayahku yang mengucapkannya dan aku berterimakasih atas apa yang telah diberikan padaku selama 20 tahun ini.
Tapi satu hal yang lebih spesial lagi, bahwa hari ini juga bertepatan dengan hari Paskah, hari kebangkitan Yesus Kristus. Ditambah lagi bahwa Paskah tahun ini yang paling berkesan untukku, aku bisa mengikuti semua rangkaian ibadah paskah, minggu palma, kamis putih, jumat agung, sabtu sunyi, dan minggu paskah (walaupun sayangnya tidak dapat ikut Rabu Abu), terlebih ada kesempatan untuk puasa tiga hari, dan kebaktian minggu subuh (jam 5 pagi) untuk memperingati paskah.
Taun ini merupakan tahun keempat kuliahku, yang menandakan bahwa waktuku di kampus iki semakin habis, setiap harinya selalu dikejar dengan yang namanya Tugas Akhir, semoga dengan check point ini membuatku lebih bersemangat lagi.
Tahun keempat, yang berarti paskah keempat di Bandung. Aku teringat ketika paskah tahun 2006, ya hari dimana aku mengaku percaya secara pribadi di hadapan Tuhan dan jemaat GKJ Sukoharjo, saat dimana aku harus mulai mempertanggungjawabkan segala sesuatunya secara pribadi di hadapan Tuhan, bukan dalam tanggung jawab orang tuaku lagi.
Namun empat tahun ini, masih terasa sering sekali belum mengandalkan Tuhan dalam setiap langkahku, masih sering melupakanNya dalam melakukan setiap kegiatanku. Semoga dengan memperingati Paskah, ulang tahun sekaligus empat tahun Sidi, aku semakin berakar bertumbuh dan berbuah di dalamNya (seperti harapanku yang kusampaikan pada sahabatku ketika dia menelponku) ^_^
Teringat lagu yang dipersembahkan untuk Tuhan saat Sidi 4 tahun yang lalu, terjemahan bahasa Indonesia dari sebuah lagi berbahasa Jawa seperti ini :

Kula mesthi ndherek Gusti kang jumeneng Panutan

Tetep setya dugeng janji tan wigih karibedan

Dhuh nyawaku ja kwatir Gusti tan ewah gingsir

Tut wuria salaminya ing satindake Gusti

Lagu yang aku suka dan sering terngiang di kepalaku. Semoga aku bisa tetap setiap mengikut Dia dalam keadaan apa pun. ^_^

Satu hal lagi yang menarik dari hari ini adalah melewatkan jam 00.00 tanggal 4 ini dengan menonton wayang kulit di ITB. Sekali lagi mengingatkan bahwa aku memang orang Jawa dan aku bangga karenanya, semakin mengingatkan juga adat istiadat yang harus dijunjung dimana pun berada.

Terima kasih buat Tuhan.
Terima kasih buat bapak ibu
Terima kasih buat temen-temen (yang sore ini udah ngasih sesuatu yang spesial juga untukku) ^_^

1 thought on “040410”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s