Sariawan

Apa bahasa Inggrisnya sariawan?

noon extract“? Terlalu literal ini, tapi bisalah buat bercandaan.

Dari Google translate sih bisa diterjemahkan “sprue“, mungkin lebih jamak “mouth ulcer” meskipun “ulcer” secara umum dapat diartikan luka pada kulit atau membran mukosa.

Saya termasuk sering mengalami sariawan. Baru-baru ini sariawan cukup mengganggu karena menghampiri lidah saya (di kiri dan kanan pula). Sudah tentu cukup mengganggu, setiap makan ataupun berbicara harus memposisikan lidah agar tidak sakit beradu dengan gigi. Makan jadi kurang nikmat, berbicara jadi kadang menghasilkan suara yang agak sengau.

Seringnya penyebab sariawan adalah: stres / terlalu banyak pikiran, bibir/lidah tergigit sehingga terluka, peningkatan bakteri sehingga bibir/lidah infeksi (mungkin karena kurang minum atau kurang vitamin). Perubahan hormon (terutama progesteron) juga dapat meningkatkan probabilitas terkena sariawan, sehingga infonya lebih sering wanita yang mengalami sariawan dibandingkan pria.

Pernah juga anak saya yang kecil mengalami sariawan di bibir. Alhasil rewel terus, susah makan dan menangis di waktu tidur malam hari.

Seperti penyakit pada umumnya, tubuh kita akan menyembuhkan penyakit secara alami, termasuk sariawan. Hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut
  • Menjaga hidrasi tubuh
  • Mencukupi kebutuhan gizi & vitamin tubuh
  • Tetap waras, agar tidak stres

Beberapa tahun lalu sempat terkenal obat yang cukup mujarab untuk mengobati sariawan, meskipun ketika dipakai perihnya luar biasa, yaitu Albothyl. Akan tetapi per 2018, penggunaan obat ini sudah dilarang karena ternyata obat ini justru akan mematikan sel-sel yang sebenarnya diperlukan untuk berregenerasi dalam mengobati luka.

Jadi mari kita tetap jaga kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s