Gelis Kenal Wayang

Ini adalah buku tentang wayang yang pertama kali saya baca dan membuat saya tertarik pada cerita-cerita pewayangan. Kalau tidak salah itu sebenarnya buku yang dibagikan oleh Dinas P&K Provinsi Jawa Tengah ke sekolah-sekolah di 2001. Dari buku yang dibawakan Bapak saya itulah, sedikit banyak saya mulai mengenal jalannya cerita Mahabharata (tentunya versi pewayangan Jawa). Buku ini merupakan kumpulan cerita wayang yang ditulis pak Suwaji Bastomi dan dimuat di harian Suara Merdeka di tahun 1991.

Sebagai anak yang “tanggung“, anak SMA yang hidup di kota kabupaten yang kecil, yang rumah di tepi sawah tapi tidak ndeso banget dan tidak modern juga, tentu bacaan ini melengkapi kisah-kisah pewayangan yang kadang cuma secuil diceritakan. Nonton wayang sepertinya cuma sekali di kelurahan dan tontonan tradisional kadang dianggap sebelah mata di rumah.

Kecintaan pada budaya lebih kental justru dirasakan di masa kuliah ketika bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa / UKM Djawa Tjap Parabola; mulai dari musik keroncong, karawitan, cerita-cerita nusantara (ketoprak/pewayangan). Teringatlah akan buku ini yang di rumah. Namun ketika dibawa ke Bandung, sepertinya karena sering dipinjam kesana kemari malah kemudian hilang. Beruntung masih ada yang dijual di online marketplace walaupun harga jadi agak tinggi (mungkin karena dianggap koleksi yang langka, padahal buku di perpustakaan sekolah juga jarang yang baca).

Beberapa hal tentang pewayangan di buku ini yang kemudian selalu saya ingat:

  • Jumlah istri Arjuna disebutkan sakethi kurang siji (99.999 atau 100.000 kurang satu) karena saking banyaknya.
  • Nama lain Nakula-Sadewa : Pinten-Tangsen
  • Kelahiran Togog, Semar, dan Bathara Guru dari sebutir telur. Kulit telur menjadi Bambang Tejamaya (Togog), putih telur menjadi Bambang Ismaya (Semar), dan kuning telur menjadi Bambang Manikmaya (Bathara Guru).

Mungkin di lain kesempatan beberapa tulisan di buku ini bisa dituliskan kembali di blog saya, agar lebih banyak yang membaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s