ANJ*Y

Beberapa saat lalu sempat viral mengenai permintaan dari Komnas Perlindungan Anak untuk menghentikan penggunaan kata “Anjay”. Dijelaskan bahwa penggunaan kata tersebut dapat berujung pada hujatan dan perundungan (bullying). Meskipun pernyataan dari ketua Komnas PA, Bapak Arist Merdeka Sirait, masih terkesan bercabang bahwa penggunaan kata tersebut juga kontekstual dan tidak serta-merta dapat diartikan untuk menghujat orang lain; berita tersebut terlanjur viral dan mendapatkan bermacam tanggapan

Sudah ada juga ulasan mengenai asal kata “Anjay” dari bahasa aslinya Sansekerta, maupun yang merupakan plesetan dari umpatan (seperti halnya anjing, anjrit, dll).

Nggak Nyangka Nama Laki-laki 'Anjay' Ternyata Bermakna Positif - Semua  Halaman - Hai

Menurut uda Ivan, kata itu netral dan tafsir manusia lah yang membuatnya memihak (dengan konotasi positif atau negatif). Meskipun hal tersebut disanggah juga oleh Eka Kurniawan bahwa tidak mungkin kata itu netral. Ketika diciptakan atau digubah pasti sudah ada nilai / kesan / emosi dari manusia. Pun ketika digunakan dan semakin lama terjadi pergeserah makna (peyorasi).

Terlepas dari itu semua, hendaknya kita menjadi lebih bijak dan mawas diri, lebih berhati-hati ketika menggunakan kata-kata dalam berinteraksi dengan orang lain. Jangankan menggunakan kata yang berpolemik sebagai umpatan seperti “anjay” itu, kita menggunakan kata-kata yang bermuatan sopan saja kadang dapat saja disalahartikan menjadi suatu penghinaan.

Kata-kata dan bahasa hanyalah media komunikasi. Memang manusia sebagai pengirim dan penerima pesan lah yang memberi arti kepada kata-kata tersebut. Sekali lagi, semoga kita menjadi lebih bijak sebagai manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s