Mengartikan Kembali Karakter Kancil

Si kancil anak nakal
Suka mencuri timun
Ayo lekas dikurung
Jangan diberi ampun

Ketika kita kecil tentu sering mendengar lagu anak-anak tersebut. Sejalan dengan cerita-cerita tentang kecerdikan si kancil yang mengakali hewan-hewan yang lain, seringnya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Tetapi jika kita telaah lebih dalam lagi tentang cerita-cerita tentang kancil dan lagu di atas, nilai apakah yang dapat kita ambil darinya? Apakah tentang menjadi orang yang cerdik? Agar memilih-milih teman jangan sampai memiliki teman yang nakal? Tricky, bukan?

Di kalangan orang tua zaman now, lagu kancil yang nakal tersebut sudah menjadi lagu yang ‘terlarang’ untuk diajarkan ke anak-anak. Bukankah hal yang jahat juga untuk tidak memberi ampun kepada anak lain, meskipun anak yang nakal? Pun menanamkan diksi ‘anak nakal’ juga hal yang sebisa mungkin dihindari. Dipercayai bahwa sesungguhnya tidak ada anak yang nakal, yang ada hanyalah anak yang mengekspresikan dirinya dengan tidak tepat. Maka sudah tentu tugas orang tua untuk memberikan sarana anak berekspresi sesuai dengan bakat dan minatnya.

Kembali ke karakter kancil. Tentu bukan hal yang mudah untuk mendefinisikan ulang karakter kancil yang sudah entah sejak kapan mewarnai dunia fabel di Indonesia, ya memang agaknya hanya di Indonesia terdapat cerita mengenai si kancil. Cerdik tentu boleh, asalkan pesan moral yang disampaikan mengajarkan karakter yang baik pada si anak.

Alih-alih mengajarkan cerita si kancil yang mencuri timun, beberapa kali saya menceritakan pada anak saya tentang si kancil yang meminta izin terlebih dahulu kepada pak Tani untuk mengambil timun di kala dia lapar.

Kasihan si pelanduk alias kancil, yang terus membawa beban sebagai peran licik dan nakal dalam khazanah cerita kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s