Culture Entropy

Setiap tahunnya perusahaan kami mengukur organization culture health index di masing-masing unit dengan cara survey. Index kesehatan budaya organisasi? Bagaimana caranya? Index tersebut disebut juga dengan entropy & didapatkan dengan melakukan survey kepada semua karyawan tanpa kecuali.

Entropy? Pertama kali kita mendengar istilah ini sewaktu belajar fisika di bangku sekolah tentunya.

Entropy merupakan suatu jumlah dalam termodinamika yang merepresentasikan ketidaktersedianya panas dalam sistem tersebut yang dapat dikonversikan menjadi kerja / energi mekanik, satuannya Joule per Kelvin (semoga tidak salah definisi).

Kemudian apa hubungannya dengan organisasi, khususnya budaya perusahaan. Ternyata prinsip yang sama dapat juga diaplikasikan. Dalam konteks budaya perusahaan, entropy dapat didefinisikan sebagai jumlah energi yang digunakan untuk menghasilkan pekerjaan yang tidak produktif (bisa berupa friksi, konflik, atau nilai apa pun yang kontraproduktif dan tidak selaras dengan nilai-nilai perusahaan). Jadi semakin tinggi nilai entropy suatu unit, semakin harus diwaspadai karena banyak energi yang terbuang.

Bagaimana cara mengukurnya? Suatu survey dilakukan kepada semua karyawan. Pertanyaan yang diajukan adalah pilihan nilai-nilai yang dirasakan terjadi dalam unit karyawan terkait. Semakin banyak nilai negatif yang dipilih, semakin berpotensi nilai entropy-nya besar.

Dan ternyata entropy ini juga menjadi salah satu parameter leadership sebagai KPI para direktur yang expat. Target perusahaan adalah menjaga entropy di bawah 10%, unit kami pun mencapai target tersebut. ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s