Keluarga Cemara – The Movie

Siapa tidak mengenal sinetron ini? Rekan-rekan yang segenerasi dengan saya tentu akrab dengan tayangan layar kaca berjudul Keluarga Cemara yang saat kita masih kecil rutin ditayangkan. Bercerita tentang sebuah keluarga, Abah, Emak dan tiga orang anaknya.

Tahun ini cerita yang disadur dari buku karangan Arswendo Atmowiloto tersebut diangkat ke layar bioskop. Sudah barang tentu jalan cerita, figur, latar dan sebagainya berbeda dengan buku dan sinetronnya yang sudah beberapa belas tahun sebelumnya ada. Pun demikian, alur cerita dan pesan yang disampaikan masih dirasakan selaras.

Bercerita tentang Abah yang bangkrut habis-habisan dan rumah seisinya disita sebab perjanjian kontrak yang wanprestasi, keluarga tersebut kemudian mengungsi ke desa kecil dan memulai kehidupan baru di sana. Meskipun drama ini banyak disisipkan komedi yang cukup menghibur (terutama polah tingkah Ara si anak kedua), adegan-adegannya cukup membuat saya merenung.

Keluarga.

Bagaimana kita memaknainya?

Apakah keluarga hanya relasi yang diakibatkan karena hubungan sedarah dan serumah?

Bagaimana peran dan tanggung jawab masing-masing anggota keluarga. Hal tersebut banyak diangkat sebagai perenungan. Tampak dari pergumulan si Abah yang sering menyalahkan diri sendiri dan menyebabkan keluarga tersebut jatuh miskin, tapi ia lupa bahwa keluarga tidak dijalankan seorang diri. Melainkan bersama-sama.

“Emak, Euis, Ara adalah tanggung jawab Abah!” kata si Abah

“lalu Abah tanggung jawab siapa?” tanya Euis

Euis dengan kesulitannya sendiri dalam memasuki masa remaja juga dapat dijadikan perenungan. Bagaimana nantinya saya (sebagai ayah tentunya) akan menyikapi anak gadis di kemudian hari?

Bagaimana pun itu, film keluarga ini layak untuk ditonton baik sebagai hiburan atau pun sebagai tuntunan.

Selamat terhibur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s