Happy New Year – Are We Really Happy?

Saat ini, 1 Januari 2019 pukul 00.00 ketika mengetik kalimat ini. Dari kantor kami terdengar dentuman petasan dan kebyar-kebyar kembang api yang bercelorot ke angkasa ibu kota. Tampaknya banyak orang bergembira di luar sana menyaksikannya, entah sambil bersuka ria, tertawa-tawa atau sekadar menatap saja.

Sudah jamak pula, beberapa orang yang lain mengambil jalan yang lain pula. Entah beribadah di malam pergantian tahun ini, sekedar berkumpul bersama keluarga untuk menikmati waktu, mengenang kembali tahun yang sudah berlalu dan mencanangkan resolusi di tahun berikutnya, atau sekedar memejamkan mata memasuki alam mimpi (meskipun kita ketahui tentu sangat sulit melakukannya di tengah bisingnya ledakan mercon).

Di group-group aplikasi mesaging atau SMS pesan singkat, sudah banyak beredar ucapan-ucapan dari kerabat yang disertai dengan ilustrasi gambar atau video yang menyampaikan “Selamat Tahun Baru”, “Happy New Year” dan semacamnya. Tetapi apakah benar dengan tulus diucapkan selamat dan didoakan agar menjadi Happy, atau sekedar ucapan formalitas bunga bibir saja? Setidaknya demikian adab pergaulan demi menjaga adat kesopanan.

Biarlah saya juga ikut mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019 kepada rekan-rekan yang sudah membaca tulisan ini. Semoga perenungan atas kejadian-kejadian yang telah lampau di tahun 2018 dapat menjadi kenangan yang baik dan menjadi pelajaran bagi kita semua, serta semoga 2019 kita songsong dengan penuh optimisme demi kehidupan yang lebih baik. Izinkanlah pula saya menyisipkan sedikit harapan, mengingat tahun 2019 adalah tahun politik yang kental karena adanya pilihan presiden, semoga Indonesia tetap aman dan perhelatan akbar di bulan April mendatang berjalan dengan lancar.

Amen

Ilustrasi video diambil dari foto suasana kantor dengan sedikit tambahan efek fireworks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s