Is Queuing Really Wasting Time?

Kadang (dan seringkali) memang saya merasa menunggu (apalagi mengantre) adalah pekerjaan yang paling menjemukan, sia-sia, dan membuang waktu. Benarkah demikian?

Baru-baru ini saya mengantre untuk memeriksakan anak ke dokter di Solo Baru, dan seperti sebelum-sebelumnya waktu terasa begitu lama ketika menunggu giliran. Mungkin karena sudah terbiasa pelayanan yang serba cepat dan pasti di Jakarta Timur, sehingga di Solo Baru terasa begitu lama. Ditambah lagi dengan rekam medis (medical record) yang masih manual menggunakan kertas.

Tentunya banyak dari kita pernah mengalami hal yang sama, menunggu dan mengantre. Apalagi jika tidak ada kejelasan kapan penantian itu akan berakhir.

Mungkin hal tersebut yang menyebabkan banyak manusia-manusia di ibukota menjadi lebih “keras”. Kerap kali terlihat di halte, orang-orang yang menunggu bus datang dan ketika yang dinanti telah tiba, banyak dari mereka yang saling serobot, saling dorong berebut untuk masuk ke kendaraan kotak tersebut. Hampir setiap hari ketika berangkat ke tempat kerja saya melihat dan bahkan mengalami sendiri hal tersebut. Anda dapat menyaksikan sendiri pula di halte bus Transjakarta di stasiun Manggarai di jam-jam orang berangkat bekerja di pagi hari. Orang-orang yang biasa sabar mengantre mau tidak mau akan ikut berebut masuk ke bus, sebab jika tidak demikian akan terus diserobot dan akhirnya tidak dapat naik bus. Menyedihkan?

Dari hal-hal di atas, paling tidak kita disadarkan bahwa waktu adalah hal yang begitu penting. Oleh karenanya manusia tidak mau menyia-nyiakannya. Jadi kembali ke pertanyaan awal, apakah mengantre adalah hal yang membuang-buang waktu? Barangkali jawabannya adalah relatif, bisa ya bisa tidak. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Maukah kita mengisi waktu yang kita gunakan untuk mengantre dengan hal-hal yang berarti? Semoga kita tidak termasuk golongan orang-orang yang merugi 🙂

additional hint:

  • Kata yang baku adalah antre, bukan antri.
  • Kata yang baku adalah bus, bukan bis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s