Rahuvana Tattwa – Agus Sunyoto

Akhirnya setelah dibeli beberapa bulan yang lalu, buku ini selesai juga dibaca sampai akhir.
Pertama tertarik akan buku ini karena “Rahuvana Tattwa” dijadikan judul lagu oleh Sujiwo Tejo di albumnya yang terbaru “Mirah Ingsun”.

Ya, bisa diduga topik buku ini adalah mengenai tokoh legendaris cerita Ramayana, yaitu sang Rahwana, tokoh yang selama ini kita kenal sebagai tokoh antagonis dimana dia menculik Sinta sampai kemudian dibunuh oleh Rama, suami Sinta.
Agus Sunyoto, sang penulis buku ini, banyak mensarikan cerita seputar Rahwana dari berbagai sumber dan akhirnya merumuskan tokoh Rahwana dari sisi yang berbeda.
Selama ini kita mengenal bahwa tokoh utama adalah Rama yang memerangi angkara muka disimbolkan oleh Rahwana. Sayangnya kita tidak akan menjumpai sudut pandang ini di buku tersebut.

Kisah dalam buku ini dimulai dengan masuknya bangsa Arya ke Jambudwipa dengan berbagai catatan buruk di dalamnya, sampai kemudian lahir Rahwana yang menang dalam memerangi pada dewa dan membangun negerinya, Alengka, mencapai kemakmuran dengan teknologi yang tinggi dan arsitektur yang memukau.

Cerita selanjutnya tentu kita tahu bahwa Rahwana kemudian menculik Sinta dan terjadilah intrik-intrik sampai terjadi peperangan antara pasukan Alengka dengan pasukan kera dari Kiskenda.
Sepanjang buku kita akan dilarutkan bagaimana suasana dalam kerajaan Alengka dengan berbagai pergumulannya dimana digambarkan mereka menjunjung tinggi nilai-nilai yang mereka pegang.

Yah, meskipun ada detil-detil cerita yang mungkin agak berbeda dengan pewayangan Jawa yang sering kita dengar, setidaknya kita (lagi-lagi) bisa memandang tokoh dari sisi yang lain, seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa manusia itu tidak 100% baik dan 100% jahat.

Di babak akhir buku ini, tentu saja adalah babak yang jarang (mungkin tidak pernah) kita temui dalam kisah-kisah Ramayana yang diceritakan pada kita. Sad ending di pihak Rama.
Setidaknya buku ini akan membuka wawasan kita dari sisi lain, dan mungkin mengajarkan kita untuk tidak cepat menilai baik atau tidaknya sesuatu dengan apa yang diceritakan orang ๐Ÿ™‚

Buku ini dapat dibeli / dipesan di sini.

Dan preview-nya bisa dibaca-baca di Google Books.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s