Self Printing Tiket Kereta

Setelah postingan mengenai mudahnya memesan tiket kereta api, ternyata PT. KAI menyediakan juga fitur lainnya yang turut mempermudah pelanggannya.
Sebelumnya mengetehui infomasi ini, biasanya setelah membayar tiket dan mendapat kode booking saya pergi ke loket tiket dan menukarkannya dengan tiket yang aslinya. Untuk diketahui bahwa tiket yang asli dibutuhkan untuk masuk ke peron sebelum naik kereta dengan menunjukkan kartu identitas asli kita (bisa KTP/SIM), belum bisa menggunakan tiket yang di-email-kan seperti maskapai penerbangan (walaupun di bandara tetap akan dicetak lagi tiket yang aslinya sebelum naik ke pesawat).

Kini PT. KAI menyediakan counter khusus dimana pelanggan dapat mencetak sendiri tiketnya secara mandiri. Yang saya tahu, maskapai penerbangan yang menyediakan layanan ini (self printing) baru Air Asia.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Setelah anda membayar, anda cukup mengingat nomor kode booking atau kode pembayarannya. Seperti gambar di atas (walaupun mungkin kurang jelas), untuk dapat mencetak informasi-informasi berikut dibutuhkan :

– kode booking / kode pembayaran
– nomor telepon / nomor identitas
– stasiun asal

Setelah anda menginputkan informasi tersebut, akan mucul tiket yang anda maksudkan. Anda cukup tekan “Cetak” dan … voila … Tiket kereta anda akan dicetak dan siap dibawa ๐Ÿ˜€

Sejauh yang saya tahu, karena biasanya naik tiket hanya di Stasiun Senen dan Solo Bapalan, PT KAI menyediakan 4 counter ini self printing ini di Pasar Senen dan hanya terdapat 1 counter di Solo Balapan.

Jadi tidak perlu lagi kita mengantri panjang di loket untuk membeli tiket kereta, dari HP kita pun kita bisa memesan dimana saja ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s