Kuliah Online

Sekarang banyak model perkuliahan yang dilakukan secara online, bahkan banyak college terkemuka di luar negeri yang menyediakan secara gratis walaupun tidak semuanya memberikan sertifikat.
Kuliah online yang says tahu pertama kali adakah edX, waktu itu ada kawan yang share di facebook-nya.
Dan sekarang sudah banyak website resmi yang dimiliki oleh college-college yang memberikan ilmunya secara gratis dan dapat diakses dari mana saja (contoh lain : coursera).

Cara pembelajaran secara online tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya (kontek yang dibicarakan adalah kuliah-kuliah gratis yang disediakan secara bebas, bukan kuliah resmi & berbayar di negara kita tapi dilaksanakan secara online / distance learning).

Kelebihan :
– Effort lebih sedikit (kita perlu membayar banyak karena semuanya disediakan secara free dan tidak perlu datang ke kampus cukup dengan jaringan internet kita bisa belajar banyak)
– Materi dari kampus terkemuka (banyak kampus ternama yang memberikan materi, seperti Harvard, MIT dan sebagainya)
– Waktu yang fleksibel (kita bisa membuka materi tidak terpacu pada hari dan jam tertentu, biasanya materi dikeluarkan pada jangka waktu tertentu dan kita bisa memilih kapan waktu kita untuk mengakses materi dalam jangka waktu yang diberikan, biasanya materi diberikan seminggu sekali)

Tapi sayangnya justru dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kuliah online tersebut, ada beberapa hal yang justru menjadi kekurangan :
– Mungkin karena kita sudah terbiasa bahwa yang namanya sekolah adalah datang secara fisik ke tempat belajar sehingga pikiran kita terdedikasikan sepenuhnya untuk mengikuti pelajaran. Sehingga ketika mengikuti kuliah online tersebut, kita menjadi terlalu bebas untuk mengikuti pelajaran atau banyak distraction di lingkungan kita karena banyaknya pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Toh, tidak membayar ini. Tetapi, hal ini tentu saja bergantung penuh pada motivasi dan passion dari masing-masing kita. Asalkan kita punya motivasi kuat untuk belajar dan tidak sekedar mendapat nilai, kita bisa dengan rajin belajar dengan cara online ini. Mungkin ini juga adalah salah satu pandangan yang salah yang terbawa sejak kita SD, bahwa nilai adalah segalanya. Sehingga tidak peduli bagaimana pelajarannya & apa yang kita dapatkan, yang penting nilainya baik dan naik kelas. Semoga saya yang salah.
Ambillah contoh saya sendiri saja. Saya 2 kali join course di edX dan sangat disayangkan dua-duanya tidak sampai tuntas saya selesaikan. Course pertama cuma saya ikuti pertemuan pertama dan sisanya tidak saya lanjutkan. Course kedua yang selesai bulan lalu juga tidak saya ikuti sampai pertemuan terakhir walaupun materi-nya masih bisa diakses.
Oh ya, di edX juga disediakan sertifikat bagi peserta yang menuntaskan nilainya meliwati passing grade tertentu (lagi-lagi nilai yang jadi acuannya :D), anda bisa cari kode mata kuliah yang diakhiri dengan huruf ‘X’.

Sekali lagi semuanya berpulang kepada kita masing-masing. Apakah motivasi kita cukup kuat untuk secar konsisten belajar secara online sehingga kita bisa mengalokasikan waktu tertentu kita di tengah kesibukan-kesibukan kita.
Selamat belajar πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s