Model Bisnis Applegate

Apakah model bisnis itu ?
Mengutip dari wikipedia, dikatakan bahwa suatu model bisinis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai – baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Istilah model bisnis, karena itu, dipakai untuk ruang lingkup luas dalam konteks formal dan informal untuk menunjukkan aspek inti suatu bisnis, termasuk mencakup maksud dan tujuan, apa-yang-ditawarkan, strategi, infrastruktur, struktur organisasi, praktik-praktik niaga, serta kebijakan-kebijaan dan proses-proses operasional.

Kalau menurut referensi pelajaran beberapa waktu lalu, model bisnis didefinisikan sebagai bagaimana suatu organisasi berinteraksi dengan lingkungannya dengan mendefinisikan suatu strategi yang unik, mendapatkan sumber daya dan membangun kapabilitas yang dibutuhkan untuk mengeksekusi strategi, serta menciptakan nilai bagi semua stakeholder.
Dapat digambarkan sebagai berikut :

Jadi, menurut Applegate, model bisnis terdiri atas 3 aspek :
1. Strategi
Strategi merupakan rangkaian pilihan yang menentukan peluang (opprtunities) yang dikejar dan potensi pasar dari peluang-peluang tersebut. Hal ini mencakup pilihan produk yang dijual, pasar yang disasar, dan bagaimana perusahaan mendiferensiasikan produknya dari produk saingan (alternatif).
Cara pandang mudahnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan faktor -faktor eksternal perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.
Bagaimana kita menganalisis strategi dalam model bisnis ? Terdapat 4 area dalam cakupan strategi, antara lain :
a. Konteks Bisnis (bisnis apa yang sedang kita jalankan dan apa yang akan kita lakukan)
b. Customer (bagaimana segmentasi pasar kita dan apa yang kita lakukan dengan produk kita)
c. Kompetitor & Produk Pengganti (bagaimana kita mengatasi kompetitor dan produk pengganti yang menjadi ancaman)
d. Jaringan Bisnis (aktivitas dan sumber daya apa saja yang akan kita butuhkan, termasuk supplier, distributor, dll)

2. Kapabilitas
Kapabilitas memungkinkan perusahaan untuk mengeksekusi strategi yang sekarang sementara menyediakan platform untuk perkembangan di masa depan. Hal ini juga mendefinisikan sumber daya yang dibutuhkan, model pembiayaan, aset perusahaan, serta efisiensi dari aset yang digunakan.
Cara pandang mudahnya tentang kapabilitas adalah faktor-faktor internal yang dimiliki oleh perusahaan.
Terdapat 4 area dalam menganalisis kapabilitas :
a. Proses & Infrastruktur (kemampuan internal apa saja yang kita butuhkan berdasarkan analisis jaringan bisnis)
b. People & Partner (tim yang bagaimana yang kita butuhkan dan apa yang kita lakukan untuk mencapainya)
c. Organisasi & Culture (budaya kerja bagaimana yang kita kembangkan untuk organisasi kita)
d. Kepemimpinan & Tata Kelola (tipe kepemimpinan bagaimana yang kita terapkan dalam organisasi)

3. Nilai / value
Analisi nilai bisnis biasanya dilihat dari angka finansial perusahaan, karena pada akhirnya nilai di atas kertas tentang keuntungan/laba, harga saham, pasar, dan sebagainya yang mengukur besaran value dari suatu bisnis.
Tiga area dalam menganalisis value dari model bisnis adalah :
a. Identifikasi Internal & External Stakeholders (perlu didapatkan keuntungan obyektif & subyektif yang diharapkan oleh para stakeholder)
b. Identifikasi Pendorong & Keselarasan Model Bisnis (Business Model Drivers & Alignment) – (analisis SWOT untuk mengidentifikasi pendorong pemasukan/biaya/efisiensi aset dan mengembangkan model bisnis yang selaras dengan berbagai komponen)
c. Pengembangan model finansial dan penentuan kebutuhan keuangan (dalam perusahaan yang berorientasi keuntungan model finansial dapat dimodelkan dalam 3 komponen : profit margin, efisiensi aset, dan leverage untuk kemudian dikalkulasi ROE-nya)

Selain model bisnis Applegate seperti di atas, sebenarnya masih banyak cara untuk menganalisis atau membentuk model bisnis.
Salah satu di antaranya yang sedang marak saat ini adalah Business Model Canvas, atau seperti yang banyak dijelaskan oleh para rekan2 Kaskuser di sini.
Semoga bermanfaat 🙂

Source : Applegate.M, Austin.R.D., Soule.D.L. (2009). Corporate Information Strategy and Management. New York : Mcgraw Hill

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s