Saya dan UKM Djawa (2)

Menyambung cerita mengenai hubungan antara saya dan keluarga UKM Djawa sebelumnya, kini saya tulis lagi mengenai kisah saya di tahun kedua kuliah di kampus saya.

Setelah pementasan wayang orang Gatutkaca Gering di tahun 2007 itu, segera diadakan pemilihan (atau lebih tepatnya penunjukan) ketua UKM di periode selanjutnya di malam yang sama. Ketika itu yang terpilih (atau tepatnya ditunjuk) adalah mas-mas satu angkatan di atas saya dan luwes menari. Singkat cerita dibentuklah kepengurusan UKM dan saya dipercaya untuk menjadi koordinator divisi keroncong yang dibawahi oleh divisi Kesenian.

Demikianlah kepengurusan kami terbentuk dan program kerja pun dibuat. Salah satu program kerja baru pada kepengurusan ini adalah adanya pagelaran kecil di samping pagelaran besar setiap bulan Mei. Hal ini dilatarbelakangi karena ramainya kegiatan di UKM ini baru terasa cuma ketika menjelang pegelaran besar saja. Maka kita coba buat agenda yang diberi nama EoS (End of Semester), yang esensinya adalah memberikan tambahan latihan performance bagi anggota baru sekaligus untuk menyemarakkan kegiatan UKM.

Didapuklah saya untuk menjadi Koordinator Sie Acara untuk pagelaran EoS tersebut. Padahal, FYI, memasuki tahun kedua saya kuliah ini yang saya ingat, saya bergabung di beberapa organisasi. Selain UKM Djawa, saya juga tercatat di Students (komunitas portal online di STT Telkom, seringnya komunikasi via forum maupun MiRC), HMIF (Himpunan Mahasiswa Informatika), PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen, dan ketika itu ikut tergabung sebagai panitia Bible Camp), lab Telematika (seringnya nongkrong di lab ini, saat itu sempat merasakan lab ini di Gedung A yag kemudian pindah ke gedung F). Demikianlah pengalaman dengan banyak aktivitas saat itu yang jika saya ingat-ingat lagi sekarang bisa saya simpulkan, bahwa kita bisa memiliki occupation sebanyak mungkin tapi untuk bisa fokus 100% di kesemuanya amatlah tidak mungkin.

Singkat cerita, kami pun berhasil mengadakan pagelaran kecil ini. Suatu kebanggaan bagi kami karena dengan meminimalisir semuanya; termasuk biaya, penampilan panggung, kostum dan sebagainya, akhirnya dapat terlewati tanpa adanya deposit. Salah satu hal yang juga menarik adalah mengkombinasikan karawitan dengan keroncong, seperti yang saya tulis di sini. Banyak pengalaman yang saya dapat dari kepanitian (sekaligus tim kreatif) ini, terutama dari pelatih UKM kami yang memberikan banyak bekal baik materi teknis maupun non-teknis.

Selesai acara EoS tersebut, langsung disusul dengan pembentukan panitia untuk pagelaran besar bulan Mei. Untuk pagelaran ini, pengurus masih meneruskan konsep yang lama yaitu TOfA (Trilogy of Art) dengan lakon wayang orang “Dewa Ruci”. Di sini saya cukup ambil bagian untuk me-lead keroncong sekaligus main di atas panggung (jadi Garudha Mahambera, kadang bayu yang menghadang laku Bratasena mencari Tirta Prawitasari). Jadi cukup kepyoh juga, setelah main keroncong sebagai pembukaan langsung ganti kostum di belakang panggung.

Usai pagelaran, di malam yang sama, seperti tradisi sebelumnya dilakukan pemilihan (penunjukan) ketua UKM. Dan jatah kepengurusan kali ini jatuh pada angkatan saya. Yang terpilih sebagai ketua UKM adalah salah satu di antara kami yang memang kampiun di bidang seni tari (bahkan kabarnya sempat menari ke Jepang di masa kecilnya).

Oh ya, sebagai selingan, selain pagelaran kadang UKM ini juga dimintai tolong oleh sanggar pelatih kami di beberapa acara kebudayaan (misal prosesi), seperti ketika perayaan ulang tahun Sekar (Serikat Karyawan) Telkom tahun 2008, saya ikut berpartisipasi (lagi-lagi sebagai umbul-umbul boy)

umbul2

Jadi sekianlah pengalaman di UKM Djawa pada tahun kedua saya kuliah, nanti disambung lagi 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s