Bram Stoker’s Dracula

Berawal dari melihat-lihat diskonan buku di Gramedia Tebet Green, terbelilah sebuah buku yang menarik, Dracula karya Bram Stoker. Sempat mendengar adanya buku ini dari sebuah soal Bahasa Indonesia di SMA dulu.
Dari resensinya tahulah bahwa ini merupakan buku yang terkenal selama puluhan tahun dan menginspirasi banyak cerita, film, drama tentang Dracula atau vampir.
Dari beberapa sumber terkait pun, buku yang terbit tahun 1897 (bayangkan beberapa abad yang lalu, baru terbaca bukunya sekarang) ini memang buku yang fenomenal yang menceritakan Dracula dengan sisi yang histeris dan penuh misteri. Bahkan dari review yang tercatat pada bukunya sendiri, Bram Stoker meninggal sebelum bukunya menjadi terkenal.

Resensinya seperti ini kira-kira :
Count Dracula yang tinggal di puri di Transylvania (daerah Romania sekarang, dan karena buku inilah daerah ini selalu identik dengan Dracula sampai-sampai tahun 2012 ada film animasi Hotel Transylvania bercerita tentang anak Dracula) yang telah ratusan tahun tinggal di situ mengundang Jonathan Harker untuk datang ke purinya dan menguruskan banyak hal mengenai kepindahan sang Count ke kota London. Dari sinilah sang tokoh utama, Jonathan mengalami banyak hal janggal mengenai sang tuan rumah. Singkat cerita, tahulah Jonathan mengenai rencana busuk Dracula untuk memindahkan puluhan petinya (beserta dirinya) untuk pindah ke London. Jonathan dapat selamat dari segala bahaya yang mengancam dirinya (walaupun hampir mati…)
Di London, Lucy Westenra yang bersahabat dengan Wilhelmina Murray (kekasih Jonathan) akan menikah dengan Arthur Holmwood (putra Lord Goldalming). Lucy-lah korban pertama Dracula di kota London sampai akhirnya memaksa orang-orang yang menyayanginya, Arthur (kekasihnya), Quincy Morris (pria yang juga sempat melamar Lucy), Jack Seward (dokter jiwa yang menaruh hati kepada Lucy) dengan panduan dari professor Abraham van Helsing (guru dari Jack Seward) harus melihatnya meninggal dua kali dan mengalami banyak hal yang tidak masuk akal.
Sampai kemudian van Helsing menemi Mina Harker (karena sudah menikah dengan Jonathan setelah menyaksikan suaminya menderita karena banyak hal mengerikan yang cukup mengganggu kejiwaannya), maka bersatulah mereka berlima untuk menumpas kejahatan Count Dracula.
Saat telah berhasil menganalisa kekurangan-kekurangan Dracula dan mengetahui rencannya, Dracula justru menggigit Mina untuk menjadi pengikutnya. Beruntung para pahlawan kita berhasil memukul mundur Dracula sampai akhirnya kembali ke kampung halamannya…

Buku ini banyak menceritakan petualangan seru, walaupun menambahkan banyak takhayul tentang Dracula/vampir 😀
Beberapa hal yang mungkin dapat kita catat dari buku ini mengenai Dracula :
– Dracula hanya beraktivitas di malam hari, sejak matahari terbenam sampai dengan matahari terbit
– Dracula minum darah manusia sebagai sumber energi
– Dracula (sang Count) dapat berwujud kelelawar atau asap, dapat mengendalikan serigala maupun cuaca.
– Dracula tidak tahan dengan bawang putih
– Dracula tidak tahan dengan hosti / roti untuk misa atau air suci untuk misa
– Dracula dapat memanggil korbannya (yang terlah digigit) karena ada semacam telepati
– Dracula hanya dapat masuk ke rumah, jika orang yang di dalam rumah mengizinkannya (dengan berbagai cara)
– Dracula mati jika, kepalanya dipotong dan jantungnya ditusuk dengan paku kayu
– Jika Dracula mati, maka korban yang digigitnya akan sembuh dan kembali normal
– lainnya, silakan baca bukunya ….

Buku Dracula
dracula

3 thoughts on “Bram Stoker’s Dracula”

  1. count drakula? kalo ga salah jaman dulu ada filmnya (bukan yang taun 1992), pernah liat di tv kabel (lupa channel yg mana). utk ukuran teknologi film jaman dulu, udah bagus. tapi ga tau apakah itu dibuat dari novel yg aslinya atau bukan. tapi sama-sama count drakula 😀

    1. memang banyak film2 ttg Dracula yang terinspirasi dari buku ini, termasuk van Helsing (di film-nya diceritakan van Helsing yang memburu Dracula ke Transylvania). Dan banyak yang jalan ceritanya berbeda jauh (makanya hanya terinspirasi 😀 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s