CAK

Apa yang terlintas di kepala anda ketika mendengar kata “Cak”. Apakah sebutan kakak laki-laki untuk daerah Jawa Timur / Madura …..
Akan tetapi bukan itu yang saya maksudkan dalam postingan kali ini. Cak yang saya maksudkan adalah sebuah alat musik yang biasa digunakan dalam musik keroncong atau campursari. Alat ini juga biasa disebut ukulele (gitar kecil), bersama kembarannya, Cuk.
Sore ini datang pesanan saya, sebuah Cak terbuat dari kayu layaknya alat ini pada umumnya. Saya memesannya di desa Kembangan, Mancasan, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sebuah daerah industri gitar kebanggaan kota saya.
Berikut penampakannya :
badan
Cak merupakan ukulele berdawai baja berjumlah 4, berbeda dengan Cuk yang berdawai nilon berjumlah 3.
4
Perbedaan lainnya adalah pada lubang resonansinya, tidak berupa satu lubang yang cukup besar, tapi berupa lubang kecil berjumlah banyak
lubang

Mengingat kebiasaan pentas yang hanya menggunakan microphone, maka pesanan Cak saya ini saya custom dengan mengintegrasikan spull di dalamnya, sehingga untuk kebutuhan pentas hanya cukup mencolokkan kabel saja.
spull

Karena kebiasaan pula, yang diajarkan oleh senior saya di UKM, maka susunan nada pada dawai Cak saya ini tidak sama dengan pakemnya. Pada umumnya Cak disetel dengan nada d2(2 senar teratas),fis1,b1 atau biasa disebut in F tetapi yang saya mainkan adalah c2(2 senar teratas),e1,a1 berarti sebutannya in G. hehehe
Tapi hal itu tidak menjadi masalah buat saya untuk bisa bermain cak, karena buat saya, hal ini bisa membuat saya belajar lebih banyak lagi karena ilmu perkeroncongan saya masih sangat sedikit …..

oh ya, satu lagi pesanan saya adalah kotak wadah cak ini dibuat seperti koper untuk biola, sehingga untuk main jadi lebih elegan (maksudnya)

20 thoughts on “CAK”

    1. seperti postingan di atas saya mas,
      bisa pake in F atau in G.
      in F (dari atas) -> d2 – fis1 – b1
      in G (dari atas) -> c2 – e1 – a1

      kalo posisinya sama dengan cuk lah 🙂
      *semoga menjawab pertanyaan

  1. cara mainkannya bagaimana pak, mulai dari tutorial, achord2nya, cara stemmnya, trus senar yg digunakan, trus pola pukulannya, mohon penjelasannya, suwun

  2. manteb niku 300 peg’nya sudah stainless atau logam yang dichrome, itu kayu bobokan atau belum pak? 300rb itu plus spullnya atau cak saja pak?
    saya punya cak bagus tp peg’nya masih eboni katanya kalau ganti ke stainless biaya cuma 25rb tp saya ingin tahu kalau nanam spull biaya kira2 brp yaaa? hehe

      1. wah ini custom, mas
        pesen di tempat yang biasa bikin gitar
        waktu itu saya pesen di Kembangan, Baki, Sukoharjo

  3. waduh masss……jauh sekali…..gimana cara pesen yang seperti punya mas……..dah saya cek di solo music kayaknya dak ada yang kayak punya mas…..ada spulnya….pokoknya liatnya aja pulen banget……

  4. om, mau nanyak saya baru dapet cak, tapi mau ngganti senar bingung pakai senar apa, pakai senar gitar takutnya putus kalo tuning e D,F#,B. ada yang bilang pakai senar biola, apakah sama saja? terimakasih bantuanya.. hehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s